Wednesday, January 23, 2013

Dampak maraknya game online

   Akhir-akhir ini sering sekali terdengar di telinga kita tentang adanya game online, sebenarnya sudah lama permainan ini ada di indonesia kurang lebih 5 tahun terakhir. Banyak pro kontra yang terjadi dengan adanya game online. Sedikit cerita dari saya yang memiliki kecanduan game online, sampai sering kali kesal dengan tingkahnya yang selalu menghubungkan dunia nyata dengan game online kebanggannya. Menurut dia game online itu hebat, banyak memberikan nilai positf. Tapi menurut saya, semua kegiatan yang dilakukan selalu ada manfaat dan resiko tersendiri.
   Seperti teman saya yang kebetulan berkelompok dalam pekerjaan suatu mata kuliah, yang harusnya saling berbagi tugas satu sama lain. Semua berjalan seperti yang direncanakan pada awalnya, namun suatu ketika ada bagian tugas yang terbengkalai akibat teman saya itu terlalu asik dengan game online-nya. Saya yang mungkin orang bisa dibilang tidak suka dengan game online karena buang-buang waktu dan uang, dan yang pasti jadi banyak pekerjaan yang terbengkalai. Ada baiknya, selesaikan pekerjaan yang penting dahulu. Setelah selesai barulah bisa bermain kembali. Itulah sepenggal cerita tentang pengalaman saya dengan teman yang kecanduan game online. Inilah yang akan saya bahas kali ini, apa saja dampak positif dan negatifnya. Dan inilah yang saya dapat kumpulkan :

Dampak positif :
-Dapat meningkatkan konsentrasi karena biasanya game online yang banyak di mainkan adalah yang bertipe strategi.
-Dapat bertemu teman-teman sepermainan yang sama-sama menyukai game online, baik dalam negeri ataupun luar negeri.
-Meningkatkan koordinasi mata dan tangan, serta meningkatkan ketajaman, kecepatan dan ketepatan dari pemain game tersebut.
-Banyak pelajaran yang bisa diambil, seperti belajar bersabar dalam menyusun strategi.
-Banyak mempelajari bahasa-bahasa asing dan wawasan yang terdapat didalam game tsb.

Dampak negatif :
-Yang sering terjadi adalah kecanduan yang berujung pada minat belajar yang menurun drastis.
-Banyak pekerjaan yang terbengkalai akibat game online apabila berlebihan.
-Terlalu terpaku pada dunia maya yang akhirnya membuat seseorang jadi malas bergaul dengan dunia luar.
-Pemborosan karena biasanya para gamers bermain di warnet atau membeli semacam poin dan semacam cash yang  mahal. Yang bermain dirumah akan boros dalam pemakaian internet dan membeli perangkat pendukung game tsb.
-Mengganggu kesehatan karena biasanya akan berjam-jam didepan komputer, dan sangat berpengaruh pada pola makan dan istrahat yang berkurang dari pola normalnya.

   Pada dasarnya tidak selalu game online yang membuat seseorang kecanduan, banyak seperti konsol game lain atau smartphone yang berisi game yang membuat kecanduan dan ingin bermain secara terus-menerus. Menurut saya, tak ada terapi khusus untuk menghilangkan kecanduan tetapi lebih dari diri sendiri yang mencoba menahan diri agar tidak kecanduan.
   Untuk anak dibawah umur baiknya selalu diawasi orang tuanya, dan melakukan penbatasan jam bermain, agar anak bisa belajar untuk mengatur waktu untuk belajar, dan yang penting adalah bisa diajarkan untuk menyeimbangkan antara dunia maya dengan dunia nyata, agar sosialisasi di dunia nyata tetap terjaga.
   Kurang lebih itulah yang dapat saya bahas pada artikel kali ini mudah-mudahan dapat bermanfaat bagi para pembaca sekalian. Dan untuk para online gamers, jadilah gamers yang pintar.
   Selamat membaca !

No comments:

Post a Comment