Saturday, May 4, 2013

Dampak Konflik Korut dan Korsel

1. Dampak Ekonomi :

    Korea Utara akan mengalami kekurangan makan karena lebihmememntingkan kebutuhan militer dibanding kebutuhan rakyatnya sendiri. Dan memngkinkan adanya peningkatan kematian karena kelaparan. Korea Utara pun seringkali meminta bantuan dari luar negeri, tak terkecuali dari pihak Korea Selatan. Berbanding terbalik dengan Korea Selatan yang lebih mengutamakan pertumbuhan ekonomi dengan upaya perdagangan, sehingga perindustrian dan kemajuan ekonomi Korea Selatan maju dengan pesat dan menjadi salah satu Macan Asia.

2.  Dampak Politik :

    Korea Selatan mengadopsi sistem politik yang demokratis, berbeda dengan sistem politik di Korea Utara yang komunis. Dengan sistem demokrasi, pihak militer meninggalkan perannya dari politik, sedangkan pihak Korea Utara lebih menggunakan struktur keluarga sebagai pemimpin di masa berikutnya.

3.   Dampak Militer dan Keamanan :

    Korea Utara lebih menekankan ekonomi untuk meningkatkan kapasitas militer dan nuklirnya dibanding kebutuhan rakyat. Dengan adanya sikap dan pengaruh dari kepemilikan senjata nuklir ini, maka secara tidak langsung menyebabkan ketidakstabilan keamanan di kawasan Asia Pasifik, terlebih dengan beberapa percobaan peluncuran nuklir Korea Utara yang menurut data intelijen mampu menjangkau sebagian wilayah Amerika Serikat.

No comments:

Post a Comment