Saturday, March 9, 2013

Etika Berinternet

   Dalam kehidupan sekarang ini, internet bukanlah hal baru bagi sebagian pengguna komputer. Namun sebagian orang belum mengerti bagaimana cara mempergunakan internet dengan baik. Khususnya beretika di dalam internet itu sendiri, Karena kita berhadapan dengan orang yang berbeda karakter dan emosi. Akibatnya cukup fatal suatu ketika kita menyinggung perasaan orang yang kita ajak berkomunikasi.
   Dan inilah yang akan berikan sesuai dengan pengalaman pribadi selama berada dalam satu forum. Sebagai berikut :
-Berbicara seperlunya saja
   Karena kebanyakan orang yang saya jumpai di forum berbicara tidak sesuai dengan topik atau menyebarkan file dan attachment yang tidak sesuai dengan topik yang ada. Jadi, berbicaralah sesuai topik yang ada di forum tsb.

-Gunakan bahasa yang sopan
   Janganlah merasa diri anda lebih baik dibanding orang-orang yang ada didalam forum tsb. Yang akan menimbulkan masalah dengan seseorang di dalam forum tsb.

-Hindari personal attack
   Ketika anda tengah dalam situasi debat yang cukup serius, jangan pernah anda menjadikan kelemahan pribadi lawan sebagai senjata untuk melawan argumentasinya. Sebab, ini hanya akan menunjukkan seberapa dangkal pengetahuan anda. Budayakan sikap debat dengan logis dan objektif.

-Kritik dan saran pribadi diberikan lewat private message
   Sering kali penghuni forum tidak sependapat dengan pribadi seseorang penghuni lain dengan cara mengkritik lewat forum tersebut. Tindakan ini sering kali membuat para penghuni lain merasa terganggu dan memperlihatkan bahwa anda bukanlah pribadi yang baik bagi kelangsungan forum tsb.

-Hati-hati dalam menyantumkan informasi
   Pada masa sekarang informasi berjalan sangat cepat tapi berhati-hatilah. Karena banyak pula informasi hoax yang beredar. Sebaiknya sebelum menyebar info, dicek dahuku kebenaran tersebut, karena jika ternyata berita yang anda berikan adalah hoax. Bukan tidak mungkin anda akan dicap sebagai provokator atau pembohong.

-Jujur Dalam Mencantumkan Sumber dan/atau Penulis
   Jangan sekali-kali mengakui tulisan orang lain sebagai hasil karya pribadi anda. Walaupun tulisan itu telah anda revisi sedemikian rupa, namun mau tidak mau anda telah mengadaptasi dari milik orang lain. Oleh karenanya, anda harus mencantumkan sumber referensi tersebut. Bila anda mengutip dari sebuah situs, maka cantumkanlah nama/alamat situs tersebut. Begitupun bila situs itu ternyata juga boleh mengutip dari sumber lain yang merupakan penulis aslinya, maka anda harus mencantumkan kedua sumber tersebut, penulis asli dan situs tempat anda mengutip.


No comments:

Post a Comment