Saturday, March 9, 2013

Review Antara Linux Versi 12.10 Dengan Windows 8


   Dalam tulisan kali ini saya akan membahas review tentang dua sistem operasi yang mungkin sebagian orang telah menggunakannya, namun ketika rilis pada tanggal 18 oktober 2012 untuk linux dan 26 oktober 2012 untuk windows. Banyak pendapat dan pertentangan manakah yang lebih baik diantara 2 sistem operasi tsb. Mari kita bahas sesuai dengan pandangan saya :

- Dari segi keamanan, Linux lebih unggul dibanding Windows, seperti yang pernah saya gunakan dulu dalam laptop saya. Linux mungkin lebih sulit dibobol dibanding Windows karena memang yang saya ketahui jarang sekali ada virus yang menyerang Linux dan yang saya ketahui, Linux sendiri memasangkan antivirus di sistem operasinya.
- Dari segi kecepatan internet Windows lebih unggul dibanding Linux. karena mungkin menurut saya pun dalam penyetelannya Linux lebih rumit dibanding yang windows.
- Dari sisi grafik, windows menyuguhkan jenis desktop environment yang terbaru berjenis Metro yang dikenal lebih stabil dibanding jenis Aero yang terdapat di Windows 7. Sedangkan Linux lebih efisien dan lebih banyak pula dengan jenis lebih banyak seperti : Cinnamon Desktop, Default Unity Theme, dan LUBUNTU yang pernah ada di versi Linux Ubuntu.
- Dari segi harga, Windows 8 dapat didapatkan dengan harga $200 yang untuk mahasiswa seperti saya sangat mahal. Sedangkan Linux berbasis freeware yang dapat di download di internet.
- Dari segi kompatibel, Windows sendiri memiliki bundel aplikasi dan lingkungan terpadu yang tampaknya lebih menarik dan elegan. Sedangkan Linux, tidak memiliki kemampuan untuk menjalankan aplikasi windows tapi Anda dapat menjalankannya dengan menginstal WINE.
- Dari segi kecepatan prosesnya, Windows 8 lebih cepat dibandingkan versi Windows sebelumnya. Sedangkan Linux merupakan sistem operasi yang lebih cepat dan lebih baik dibanding Windows. Kecepatan proses pun sangat bergantung dari spesifikasi tiap jenis komputer yang berbeda.
- Dari sisi GUI (Graphic User Interface) Windows 8 yang berjenis Metor UI ini cukup baik namun masi terdapat banyak BUGS. Linux pun juga sangat baik dalam UI berjenis Unity, dan dapat pula diinstall dock layaknya MAC dengan nama CAIRO DOCK
- Dan selang waktu boot time dan shutdown times. Windows 8 memiliki waktu booting lebih cepat dengan perbandingan 8 detik sedangkan Linux 9 detik. Dan untuk waktu shutting down, Windows lebih lama dibanding Linux dengan waktu 16 detik untuk windows dan 8 detik untuk Linux.

   Dengan Membahas Semua Dari Fitur Dari Windows 8 & Ubuntu 12.10,  saya sangat menyarankan Anda bahwa Anda harus mencoba salah ini dari sistem operasi karena kedua sistem operasi ini memiliki kelebihan masing-masing dan sangat baik juga sangat stabil. Bergantung pula dengan spesifikasi komputer milik anda.
   Dari pribadi diri saya sendiri, saya lebih suka menggunakan Windows karena memang lebih mudah digunakan dan sangat banyak pula pemakai dan jenis-jenis aplikasi pendukungnya.

No comments:

Post a Comment