Saturday, March 9, 2013

LAN VS WLAN

   Pada tulisan kali ini saya akan membahas perbedaan antara kedua jaringan yaitu LAN dan WLAN. Dan inilah yang saya sedikit ketahui tentang kedua jaringan tersebut :

-LAN: (Local Area Network atau jaringan area lokal) Jenis jaringan komputer yang terhubung mencakup wilayah lokal dengan menggunakan perangkat jaringan yang sederhana, Seperti menggunakan kabel UTP, switch, dan router dsb. Misalnya kantor atau jaringan rumah.  Mereka biasanya dihubungkan dengan kabel Ethernet dan memiliki koneksi kecepatan tinggi. LAN sendiri berjangkauan 10 m hingga 300 m. 

-WLAN:(Wireless Local Area Network atau Jaringan Area Lokal Nirkabel) Suatu jaringan area lokal tanpa kabel dimana media transmisinya menggunakan frekuensi radio (RF) dan infrared (IR), untuk memberi sebuah koneksi jaringan ke seluruh pengguna dalam area disekitarnya. Biasanya digunakan oleh gedung kantor, kampus, dan yang sedang banyak digunakan adalah pada restoran, cafe, mall, dan supermarket. Komponen dari WLAN sendiri adalah access point(AP), ekstension point(EP),  antena, dan wireless LAN card. 

   Dari pernyataan diatas dapat disimpulkan bahwa setiap jaringan mempunyai kekurangan dan kelebihan masing-masing. 
Kekurangan LAN :
-jangkauan wilayah lebih sempit
-cakupan transfer data sempit

Keuntungan LAN :
-lebih irit dalam pengeluaran biaya dan penggunaan kabel
-transfer data antar komputer lebih cepat

Kekurangan WLAN :
-transmisi data lebih lambat
-memerlukan keamanan yang ketat

Keuntungan WLAN :
-jangkauan lebih luas karena tidak dibatasi oleh kabel
-tidak memerlukan kabel jaringan

  Jadi pada dasarnya semua bergantung pada kebutuhan para penggunanya.

No comments:

Post a Comment